Kamis, 11 September 2008

WISATA KE DANAU MAS CURUP REJANG LEBONG




















Pada hari selasa, tanggal 21 Mei 2008 yang lalu, saya dan teman-teman (Mardi, Novian, dan Mawardi) jalan-jalan ke Danau Mas Curup. Danau Mas memang menjadi pilihan yang menarik untuk sekadar menghilangkan penat . Di sebuah lembah yang dikitari oleh perbukitan, banyak pedagang tengah menata dagangan mereka. Sekelompok pemuda berjaket tengah berkerumun di tempat parkir kendaraan. Beberapa orang di antara mereka tengah merokok.



Pada hari libur seperti sekarang ini banyak pengunjung yang datang. Kawasan wisata Danau Mas di Desa Karang Jaya, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, itu terasa menyimpan potensi keindahan alami yang menawan. Meskipun obyek wisata yang ditawarkan hanyalah berupa danau di perbukitan, kawasan itu tetap menawan bagi pengunjung yang datang. Terlebih lagi, kawasan Rejang Lebong sedikit memiliki obyek wisata. Kawah Bukit Kaba dan Air Panas Suban hanyalah dua lokasi wisata lain yang menjadi pilihan wisatawan di daerah itu.


Danau Mas terletak sekitar 19 kilometer dari Curup, ibu kota Kabupaten Rejang Lebong, atau sekitar 25 kilometer dari Lubuk Linggau, Sumatera Selatan. Danau ini terletak di tepi jalan yang menghubungkan dua kota bertetangga tetapi lain provinsi tersebut. Lokasi Danau Mas akan dengan mudah terlihat oleh para pengguna jalan yang tengah melintas. Letak danau yang berada di lembah, persis di bagian bawah tepi jalan, memudahkan pemakai jalan untuk melihatnya.
Pengunjung yang datang ke sini, sebagian memang pemakai jalan yang tengah melintas, baik ke arah Lubuk Linggau maupun ke arah Curup dan Bengkulu. terutama bagi warga Kota Bengkulu dan daerah pantai lain di Bengkulu. Dengan datang ke lokasi wisata ini, paling tidak warga yang umumnya berdiam tak jauh dari pantai mendapatkan suasana lain, yakni pegunungan, termasuk udaranya yang sejuk dan segar. Warga Lubuk Linggau pun hanya memiliki pilihan lokasi wisata berhawa sejuk di Danau Mas. Perbedaan iklim dan suhu udara menjadikan kawasan wisata ini menjadi pilihan yang tidak boleh ditinggalkan. Apalagi di Lubuk Linggau tidak ada lokasi wisata berudara sejuk seperti Danau Mas.


Namun sayang, potensi begitu besar yang dapat mendukung berkembangnya bisnis wisata danau tersebut rupanya belum menjadi prioritas pemerintah daerah setempat untuk mengembangkannya. Fasilitas pendukung tempat wisata itu jauh dari memadai.Untuk penunjang wisata utama, yaitu danau, misalnya, saat ini hanya tersedia beberapa kapal air, fogging fox dan karokean. Terbatasnya fasilitas pendukung itu menyebabkan pengunjung yang hendak bermain-main di danau kerap harus lama antre bersama pengunjung lain.



Fasilitas pendukung lain hanya berupa taman di bawah pepohonan di sisi timur danau. Di lokasi ini terdapat pula beberapa kursi ayun besi, yang biasa digunakan bermain oleh anak- anak atau pasangan muda-mudi yang tengah berpacaran. Meski dengan fasilitas terbatas, tempat di tepi danau ini tetap cukup lumayan bagi keluarga yang hendak melepas penat dan bagi anak-anak mereka yang mendapat hiburan sehat.Dengan fasilitas yang masih terbatas, Danau Mas tetap menjadi pilihan warga untuk berkunjung karena memang tidak ada pilihan tempat wisata sejenis di kawasan itu.








6 komentar:

  1. Gambar atau foto danau mas curup nya mana? klo ada fotonya biar serasa lebih dekat dihati. Soalnya orang rumah alias istri saya asli orang curup.

    BalasHapus
  2. mas sofyan sorry ya n jangan marah, file tempat wisatanya saya link ke website aq. mas bisa lihat di http://elpramwidya.wordpress.com/

    BalasHapus
  3. banyak tuh photo photo pematang danau ini, bisa tengok di blog http://rejang-lebong.blogspot.com pilih katagori tourism atau lainnya

    BalasHapus
  4. woww keren-keren ni photo. reviewnya juga mantap

    BalasHapus
  5. wah..jadi kangen curup ni....

    http://adhe-edogawa.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. Walau anak negeri sendiri, sudah lama juga ga kesana. Jadi Kangen juga.
    Salam kenal, ditunggu kunjungan baliknya di :
    http://miniblogger28.blogspot.com

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca artikel ini, mohon komentar anda dan jangan bosan untuk membaca artikel lainnya, tulis nama anda setelah berkomentar, trims.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mohon di Klik

Entri Populer