
Kalau bahasa Inggris-nya, “Adjust your speed to sight distance”. He he he.. semua juga tau. Tapi apakah anda tau maknanya ?
Maksudnya kita sebaiknya mengatur kecepatan motor kita sesuai dengan seberapa jauh kita bisa memandang. Yah ini ada hubungannya dengan prediksi. Yap, memprediksikan apa yang akan muncul didepan kita dan baru terlihat oleh kita. Kemudian memberikan waktu bagi kita untuk mengidentifikasi kemunculan itu, mengevaluasi potensi bahaya dan kemudian bereaksi.
Seperti banyak materi Safety Riding yang lain, dibutuhkan kira-kira setengah detik untuk menyadari kalau ada sesuatu yang muncul dengan tiba-tiba didepan anda, kemudian satu detik untuk memahami bahaya apa itu yang sesungguhnya berada didepan kita, barulah kita bisa mengambil tindakan.

Jadi kalau anda berada di sebuah tikungan, yang mana ujung dari tikungan tidak terlihat, dan paling jauh anda hanya bisa melihat jalan 30 meter didepan (karena terhalang mobil-mobil, atau pohon), dengan kecepatan anda menikung 100 km/jam. Maka, berharaplah tidak ada apa-apa (batu, lubang, kucing) di jalur anda pada saat itu.
Itulah sebabnya kita hendaknya mengatur kecepatan sesuai dengan jarak pandang kita. Hal ini juga berlaku untuk jalan lurus, atau jalan apa saja. Mungkin lebih afdol lagi jika kalimatnya kita rubah gini, “Aturlah kecepatan anda, sesuai dengan jarak pandang, kondisi jalan dan lalulintas”. Muantabsss.
Untuk memperbaiki jarak pandang, carilah jalur, atau bagian jalan yang memungkinkan anda untuk dapat melihat lebih jauh kedepan dan menjadikan diri anda terlihat oleh kendaraan lain, tanpa membahayakan diri sendiri. Contohnya, mendarai motor dibelakang mobil box. Otomatis jarak pandang anda hanya beberapa meter didepan, kalau anda mengerti SR, anda akan menjaga jarak 2 detik didepan. Apakah ini cukup ? Akan lebih baik jika anda bisa memposisikan motor untuk tidak tepat membuntuti mobil box itu. Posisikan motor anda agar terlihat di spion mobil box itu. Dengan demikian, anda dapat melihat apa yang ada dibalik mobil box jauh kedepan, dan anda pun terlihat oleh si supir.
Naaahh.. aturlah kecepatan anda setelah anda bisa mengetahui jarak pandang maksimal anda. Kalau mobil boxnya ngebut, anda tidak perlu ikut-ikutan ngebut kan ?

Ayo Safety Riding untuk keselamatan bersama, pilih Honda sebagai motor yang aman karena Honda Pelopor Safety Riding di Indonesia, cuma Honda yang benar-benar Peduli.

0 komentar:
Posting Komentar
Terimakasih sudah membaca artikel ini, mohon komentar anda dan jangan bosan untuk membaca artikel lainnya, tulis nama anda setelah berkomentar, trims.