Rabu, 05 Mei 2010

11th Safety Riding Japan Instructor's Competition


Tim Honda Indonesia Juara Bertahan

“Tantangan ke depan Honda selaku ATPM kendaraan adalah mensukseskan safety riding. Sebab itulah harapan konsumen ke depan, berkendara dengan aman dan nyaman, “ungkap Johannes Loman Director Marketing PT Astra Honda Motor (AHM) Jakarta.

Dalam rangka mensukseskan safety riding, banyak kegiatan yang telah AHM lakukan. Salah satunya yang baru dilakukan adalah selalu berperan aktif dalam 11th Safety Riding Japan Instructor Competition di Suzuka Circuitland Traffic Education Center Jepang (14-15/9) Jepang. Event ini sangat spesial karena tim Safety Riding Honda Indonesia terpilih sebagai juara pertama! Padahal ketiga perwakilan AHM Indonesia ini (A.A. Made Surya, J. Lucky M.U dan Hasto Adi Raharjo)merupakan wajah baru.

Pertama pada peserta yang mewakili tim Safety Riding Honda Indonesia antara lain Ketiganya merupakan perwakilan baru tim Honda Indonesia di Safety Riding Japan Instructor Competition. Beda dengan tahun sebelumnya dimana peserta yang turun pernah ikut di tahun 2005. Beda dengan event tahun sebelumnya. Kontingen Honda Indonesia yang mengikuti pernah turun di tahun 2005.

“Baru tahun ini mereka mengikuti Safety Riding Japan Instructor Competition,” ucap Anggono Iriawan SRP Planning & Publication Sub Dept. Safety Riding Promotion Dept. AHM Jakarta.

Meski baru turun, namun skill yang dimiliki tak perlu diragukan. Juara 1 dan 2 kelas 100 cc sukses diraih. Wow! Padahal lomba hari pertama cuaca tak bersahabat. Hujan turun dengan deras sehingga lintasan licin dan peserta harus berbasah-basahan pas lomba karena guyuran air hujan.

Namun karena para peserta perwakilan Honda Indonesia ketrampilannya handal, materi lomba pun bisa diselesaikan dengan baik. Mulai materi breaking, pillon slalom dan slalom corse bisa dilalui dengan lancar. Bahkan teknik dasar safety riding yang menjadi nilai tambah pas lomba bisa ditunjukkan dengan sempurna.

“Pengecekan sepeda motor, riding posture yang terdiri dari 7 item yaitu kepala dan mata, pundak, sikut, tangan, pinggul, lutut dan kaki, jarak pengereman dan waktu kecepatan dinilai tanpa melakukan kesalahan,” papar A.A. Made Surya, yang menjadi peserta terbaik pada kompetisi ini. Ini menjadi bukti kemampuan para instruktur safety riding Honda Indonesia telah diakui dan sesuai standar dunia. Sebab “Lomba ini bagian dari improvisasi dan untuk kalibrasi teknik instruktur safety riding Honda seluruh dunia,” ungkap Anggono Iriawan.

Pada event kali ini diikuti 147 peserta dari 8 negara yang datang. Ada perwakilan Australia, Cina, Jepang, Malaysia, Philipina, Singapura, Thailand dan Turki. Namun perwakilan Honda Indonesia menunjukkan skill yang di atas negara lain dengan mendulang podium juara. Tentu menjadi tantangan tersendiri. Mental sebagai juara bertahan benar-benar diuji disini. Sekadar imformasi, sebelumnya tim Safety Riding Honda Indonesia juga meraih juara pertama di kelas yang sama dua tahun berturut-turut (di tahun 2005 dan 2006). “Dan di kompetisi tahun 2007 ini ada tes teori yang menjadi tes percobaan,” tambah Anggono. Jadi terbayang sekali serunya persaingan dalam mendapatkan juara.

Atas kemenangan yang diraih, AHM selaku produsen motor Honda sangat menyambut gembira. “Kami sangat bersyukur. Sebab kemenangan ini bagian dari keseriusan dan kepedulian Honda pada program safety riding. Mereka perwakilan Honda Indonesia adalah instruktur safety riding Honda yang nantinya akan berhadapan langsung dengan masyarakat. Skill mereka yang telah diakui dan standar dunia tentu sangat bermanfaat dalam menggalakkan dan kampanye safety riding ke masyarakat,” tambah Kristanto, General manager Corporate Commnunicatio PT AHM. Selamat.

Astra Honda Motor Safety Riding

Mensukseskan program safety riding terus Honda laksanakan. Di tingkat dunia Astra Honda Motor (AHM) selalu aktif turun dalam kompetisi safety riding Honda seluruh dunia di Jepang dan sukses juara. Untuk masyarakat Indonesia sendiri gimana? Tentu saja usaha Honda lebih hebat dan tak perlu ditanyakan lagi. Mulai dari instruktur yang akan menyampaikan ke masyarakat, benar-benar telah disiapkan. Berbagai macam pelatihan teori dan praktek sesuai standar safety riding Honda dunia diberikan.

Belum lagi setiap instruktur yang mengajar ke masyarakat ini harus lulus ujian teori dan praktek sesuai standar Honda dunia. Makin membuat instruktur safety riding Honda pilihan. Dalam jangka waktu tertentu, AHM juga mengumpulkan para instruktur untuk penyegaran dan mengukur kembali kemampuan safety riding baik terori maupun praktek. Sehingga kemampuan para instruktur ini sesuai standar Honda dunia. Salah satu usaha AHM untuk terus menjaga kualitas para instrukturnya dengan menggelar kompetisi antar instruktur Honda seluruh Indonesia. “Disini selain lomba, penyegaran materi safety riding juga terjadi,” tambah Angono Iriawan.

Setelah instrukturnya pandai, giliran masyarakat sebagai pelaku langsung safety riding dibikin ngerti dan paham. Caranya melalui seabreg kegiatan safety riding Honda. Saat ini PT AHM menjalankan program safety riding dengan melibatkan partisipasi aktif konsumen dengan standard pelatihan safety riding Honda. Melalui para instrukturnya pelatihan safety riding diberikan langsung kepada masyarakat pengguna motor. Seperti pengguna harian, profesi, klub motor, sekolahan (TK, SD, SMP, SMA maupun Mahasiswa), perusahaan swasta dan grup Astra sendiri.

Secara kontinyu AHM juga berkampanye mengenai keselamatan berkendara yang aman dan nyaman melalui berbagai event yang dilakukan. Dari kegiatan rally motor Honda, Honda best student, servis gratis, OMR Honda, lomba irit, launching motor baru dan kegiatan lain, kampanye safety riding pasti ada. Lalu bukti Honda pionir safety riding, Honda memiliki Honda Riding Trainer (HRT) yang belum dimiliki ATPM lain. Di kegiatan Honda, simulator safety riding ini dipajang dan masyarakat dipersilakan untuk mencoba.

“Rencananya tahun ini sebanyak 500 Honda Riding Trainer (HRT) telah menyebar ke dealer-dealer. Sehingga para pengunjung bisa mencoba langsung. Jika sehari 1 HRT dicoba 5 orang aja, dalam sehari sebanyak 2500 orang telah belajar safety riding. Dalam setahun tinggal mengkalikan masa aktif kerja dealer umpamanya 25 hari bisa mencapai 750.000 orang,” ucap Anggono. Ini semua bermuara pada satu tujuan mulia. “Honda berdedikasi untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan melalui kampanye safety riding yang berorientasi pada etika dan ketrampilan berkendara sebagai langkah preventif terhadap terjadinya kecelakaan lalu-lintas di Indonesia,” tutup A.S. Tedjosiswojo General Manager Technical Service PT AHM.

(Sumber: Otoplus)

Percayakan Honda sebagai motor yang safety bagi anda karena Honda Pelopor Safety Riding di Indonesia.


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca artikel ini, mohon komentar anda dan jangan bosan untuk membaca artikel lainnya, tulis nama anda setelah berkomentar, trims.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mohon di Klik

Entri Populer