Rabu, 09 November 2011

PERINGATAN HARI CINTA PUSPA DAN SATWA NASIONAL 2011 DI BENGKULU OLEH KOMUNITAS PEDULI PUSPA LANGKA


Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) diperingati setiap tanggal 5 November. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian, perlindungan, pelestarian puspa dan satwa nasional serta untuk menumbuhkan dan mengingatkan akan pentingnya puspa dan satwa dalam kehidupan kita.

Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional dimulai pertama kali pada tahun 1993 berdasarkan Kepres Nomor 4 tahun 1993 yang ditandatangani langsung oleh Presiden RI kala itu, H. M. Soeharto.

Komunitas Peduli Puspa langka (KPPL) untuk pertama kalinya di Bengkulu mengusung beberapa kegiatan dalam rangka memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional tahun 2011 ini, tema yang diangkat adalah The Pride Of Bengkulu : “Lestarikan Puspa dan Satwa demi Masa Depan Bumi Kita” dan “Mari mengenal lebih dekat puspa langka kebanggaan kita demi kelestariannya”.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kepedulian, perlindungan, dan pelestarian puspa langka di Propinsi Bengkulu, dimana di Propinsi Bengkulu terdapat 4 (empat) puspa langka yang patut dibanggakan yaitu Rafflesia arnoldii (bunga terbesar), Amorphophallus titanium (bunga tertinggi), Grammathopyllum speciosum (anggrek terpanjang) dan Vanda Hookeriana (anggrek pensil terlangka). Keberadaan Rafflesia Arnoldii sebagai bunga terbesar di dunia yang ada di hutan Bengkulu sangat minim perhatian pemerintah maupun masyarakat, habitatnya di hutan yang terancam akibat perambahan liar menyebabkan populasi Rafflesia Arnoldii semakin hari semakin berkurang bahkan diambang kepunahan. Harapan kita icon Propinsi Bengkulu sebagai “The Land of Rafflesia” tidak hanya sekedar slogan saja tetapi memang benar adanya.

Aksi Simpatik “Peduli Puspa Langka Kebanggaan Kito”

Kegiatan ini akan berlangsung di Simpang Lima Kota Bengkulu pada Tanggal 5 November 2011 bertepatan dengan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, dari pukul 09.00 WIB s.d 11.00 WIB. Aksi simpatik yang dilakukan adalah kampanye lingkungan “Peduli Puspa Langka Kebanggan Kito”, mengajak massa untuk peduli dan bangga terhadap keberadaan puspa langka di Bengkulu dengan menyebarkan stiker dan brosur. Maskot Rafflesia Arnoldii, Duta Wisata Bengkulu bersama seluruh anggota Komunitas Peduli Puspa Langka dan pihak-pihak terkait terjun langsung dalam aksi ini.

Lomba Mewarnai Puspa Langka untuk TK/PAUD se-Kota Bengkulu

Ajang kreatifitas sekaligus sosialisasi pengenalan puspa langka kepada anak-anak usia dini TK/PAUD akan berlangsung di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu pada tanggal 12 November 2011.

Pameran Photo

Pameran photo seputar Puspa Langka dan Ragam Bengkulu, akan berlangsung di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu pada tanggal 11-13 November 2011.

Pameran Puspa Langka

Puspa langka yang akan dipamerkan antara lain Tanaman Inang Rafflesia arnoldii (Liliana/Testrastigma), Tanaman Kibut (Amorphophallus), dan Anggrek Tebu/Macan (Grammathopyllum speciosum) berlangsung di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu pada tanggal 11-13 November 2011.

Pameran Seni Rupa

Para seniman Bengkulu akan menampilkan lukisan, kerajinan kulit lantung, cinderamata khas Bengkulu dan masih banyak lagi pada tanggal 11-13 November 2011 di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu.

***

Semoga kegiatan ini dapat berlanjut terus pada tahun-tahun berikutnya, sukses dan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Tetap semangat untuk memajukan propinsi kita tercinta.

Salam KPPL, Salam Lestari ....

2 komentar:

Terimakasih sudah membaca artikel ini, mohon komentar anda dan jangan bosan untuk membaca artikel lainnya, tulis nama anda setelah berkomentar, trims.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mohon di Klik

Entri Populer