Jumat, 23 April 2010

Pelajaran Safety Riding Bakal Masuk Sekolah


Jakarta-Pengetahuan mengenai tertib berlalu-lintas adalah sesuatu hal yang sangat penting. Pembelajaran kepada para siswa sekolah pun dianggap sangat penting.

Nah agar semakin mengukuhkan hal itu ke kepala generasi muda, Kepolisian dan Kementerian Pendidikan Nasional pun rencananya akan membuat terobosan dengan memuat pelajaran safety riding ke kurikulum sekolah.

"Pokja (kelompok kerja) untuk memasukan safety riding ke kurikulum sudah dibuat, tidak lama lagi langkah itu semoga bisa direalisasi," ujar Kasubdit pendidikan masyarakat Ditlantas Polri Kombes Pol Kartono.

Hal tersebut disampaikan Kartono di sela-sela pembukaan kompetisi safety riding antar SMA yang dilakukan oleh PT Astra Honda Motor di SMA PKP, Ciracas, Jakarta Timur (22/4/2010).

Niatan kepolisian dan dinas pendidikan nasional itu menurut Kartono didasari pada keprihatinan kepolisian pada tingginya angka kecelakaan berlalu-lintas, terutama pada pengendara usia muda.

"Pengetahuan mengenai keselamatan di jalan ini harus ditanamkan ke generasi muda. Ini sama saja dengan merubah budaya berkendara dan itu harus dilaksanakan di generasi yang baru itu," tegasnya.

Rencananya, bahan pelajaran yang saat ini sedang disiapkan akan segera diserahkan ke sekolah-sekolah secara simbolis pada ulang tahun Polri, 1 Juli 2010 mendatang.

"Nanti pas hari jadi Polri bahan pelajaran itu akan diserahkan ke perwakilan sekolah dari 33 provinsi, setelah itu akan diseminarkan terlebih dahulu," tambah Kartono.

Niatan Pemerintah pun menurut Kartono sudah membulat. Karena rencananya pelajaran mengenai safety riding ini bukan akan diselenggarakan sebagai pelajaran ekstrakurikuler.

"Tapi kami mau pelajaran ini ada di intrakurikuler," tegasnya.

Kompetisi Safety Riding Honda

Berkaitan dengan hal itu, PT Astra Honda Motor (AHM) pun menggelar sebuah kompetisi safety riding antar SMA di kawasan Sumatera, Jawa dan Bali.

"SMA adalah masa depan kita, karena itu kami ingin menggugah kesadaran anak muda ini dengan sesuatu yang menantang, misalnya kompetisi ini," ujar Eksekutif Vice Presiden Director AHM, Johannes Loman.

SMA PKP ini sendiri hanyalah 1 sekolah diantara hampir 200 sekolah di Sumatera Utara, Riau, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali hingga bulan Juni mendatang.

Ada beberapa barometer yang menjadi penilaian kompetisi ini antara lain pembangunan sarana fisik seperti rambu dan zebra cross, pengetahuan siswa tentang UU No 22/2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan dan intensitas sosialisasi safety riding.

"Hal seperti ini harus dilaksanakan sekarang, kapan lagi. Ini adalah tentang bagaimana menyelamatkan masa depan mereka," ujar Kasubdit Pendidikan Masyarakat Ditlantas Polri Kombes Pol Kartono.

Komitmen Honda pada masalah keselamatan di jalan sendiri sudah berlangsung sejak lama, sebab saat ini AHM telah melatih 1.300 safety riding advisor.

Dan di sepanjang 2009 AHM pun telah menyelanggarakan 529 kali kegiatan edukasi safety riding di tingkar TK hingga perguruan tinggi dengan jumlah peserta hingga 39.400 orang.

Sumber : http://oto.detik.com


Percayakan Honda sebagai motor yang safety bagi anda, karena Honda pelopor safety riding di Indonesia.


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca artikel ini, mohon komentar anda dan jangan bosan untuk membaca artikel lainnya, tulis nama anda setelah berkomentar, trims.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mohon di Klik

Entri Populer